Indonesia itu …

Apa saja ada di Indonesia, Sempurna! aneka budaya, kuliner, air terjun, lautan, gunung? Ingin lihat apa di Indonesia? naik Gunung? Rinjani itu gunung terindah di Indonesia, dari kaki gunung di desa Sembalun hingga puncak Dewi Anjani dengan tampilan danau Segara Anakan.   Gunung es di negara Tropis? Indonesia punya puncak Cartenz dan Gunung Trikora.  Ditepian danau Habema dengan tinggi 3225 mdpl bersuhu 6-10 drajat celcius, saya bisa memandang keindahan  Gunung Trikora nan anggun di Taman Nasional Lorentz, Wamena, Papua.

Puncak Cartenz yang masih tertutup salju, di foto dari puncak Grassberg, Timika

 

Rinjani dan danau segara anakan, Lombok

 

Puncak gunung Trikora di Wamena, Papua

Tentang Lautan Indonesia? dari tepi pantai Raja Ampat hingga bawah lautnya menjadikan Raja Ampat menyandang gelar termasuk lautan yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Penelitian dari Universitas Padjajaran, menuliskan Keanekaragaman Hayati Indonesia menempati peringkat kedua dunia setelah Brazil, 15 % kekayaan hayati dunia ada di Indonesia. Nah luar biasa bukan.

Gugusan karang atol dari puncak Wayag Rajaampat, Papua Barat

Kuliner? Waw Indonesia punya Rendang loh dari Sumatera Barat, diakui makanan paling enak di dunia. Belum lagi wisata Hutan Tropisnya, keindahan sunrise hingga sunset, padang savanna, lautan pasir Taman Nasional Bromo Tengger tak lagi diragukan , tempat romantis ini selalu memukau mata jutaan manusia.

Sajian aneka masakan minangkabau dalam ritual adat Makan Basamo

Masih ada lagi , Indonesia punya Lahan basah (Wet Land) di Danau Sentarum sebagai lahan basah paling unik di Asia, airnya kemerahan karena kandungan tannin dari lahan gambut disekitarnya, saat musim hujan dipenuhi air bak kolam raksasa hingga bisa berlayar di atas permukaannya, namun saat kering kitapun bisa naik sepeda motor di lokasi yang sama. Bentangan sungai Musi, sungai Kapuas, sungai terbesar dan panjang di Sumatera dan Kalimantan, ada pula sungai dengan aktivitas pasar terapung di Lok Baintan. Oyaa … para surfer bisa juga berselancar seru di sungai Kampar loh di Riau, luar biasa!

Lahan Basah (wetland) di Taman Nasional Danau Sentarum-Kalimantan Barat

 

Pasar terapung di Lok Baintan Banjarmasin, Kalimantan Selatan

 

Para surfer asing sedang asik berselancar di sungai Kampar, Riau

Saya yang tak henti kagum dengan pesona danau Kelimutu di Flores, tiga danau vulkanik berubah warna secara berkala, hitam kelam, hijau dan biru tosca yang mempesona. Luasnya Danau Toba hingga menjadikannya danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Pesona air panas Tinggi raja di Sumatera Utara, yang menyerupai Hot spring terkenal Pamukkale di Turki. Tarian perang, adat bakar batu, tradisi koteka menjadikan Lembah Baliem pusat tujuan wisata eksotis di dunia, selama 29 tahun sudah melaksanakan Festival Lembah Baliem.

Danau Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur, Photo:Raiyani.net

 

Air Panas Tinggi Raja, Sumatera Utara photo: Raiyani.net

 

Rock Painting bukti prasejarah di gua Tewet, Kalimantan Timur , photo:Raiyani

Rock painting (lukisan tapak tangan jaman purba) di gua Tewet Kalimantan Timur di teliti sebagai bentuk peradaban 10.000 tahun sebelum masehi, tercatat sebagai bukti sejarah tertua di dunia, telah diteliti oleh Arkeolog dunia. dan itu semua di Indonesia kawan..

Tarian Perang di Lembah Baliem, Papua

Indonesia tak hanya Bali, saya ambisius berbinar kalau bercerita tentang Indonesia, akan menjadi cerita panjang apabila harus saya sebutkan satu persatu disini, beragam budaya dan keelokan alam Indonesia, baik yang sudah di kembangkan maupun belum dikelola oleh pihak Pariwisata
Perkembangan Informasi dan Teknologi yang semakin pesat, memberi kesempatan luas bagi social media, facebook, twitter, instagram, path, youtube, steller, dan aneka jenis aplikasi sangat berkembang pesat. Kemudahan koneksi internet ini berimbas pada mudahnya mendapat dan menyebarkan informasi ke dan dari belah dunia manapun, sebuah informasi wisata hanya dalam hitungan detik bisa tersebar dalam satu klik, Yuk raih manfaat positifnya ya Kawan.

Namun, permasalahan yang kerap timbul dalam masalah wisata di Indonesia yang sering ditemukan adalah, sarana transportasi, sarana jalan yang baik belum memenuhi kebutuhan daerah wisata. Jalanan rusak, berlubang. Jalur ke lokasi masih sulit di tempuh. Belum lagi kesadaran terhadap kebersihan, sampah sering berserakan dimana-mana. Kebiasaan yang sederhana namun sulit dalam pelaksanaan.

Pembinaan, penyuluhan, menata tenda–tenda liar yang kerap kita temukan di pantai. Menggiatkan budaya bawa pulang sampah saat mendaki gunung. Membuang sisa kemasan makanan dan minuman usai berwisata pada tempatnya. Hentikan buang sampah ke laut dan sungai. Sungguh masih banyak Pekerjaan rumah yang perlu kita benahi bersama. Yuk mulai dari sekarang, tugas kita sebagai masyarakat sadar wisata yaitu membangkitkan lagi gaya hidup buang sampah pada tempatnya, ini tentu perlu pemikiran dan tenaga lebih, jangan lelah Ya!

Optimis Indonesia akan lebih baik dari waktu ke waktu. Untuk kita dari kita dan bagi dunia. Jadikan negeri ini surga dunia. Nikmat kekayaan apalagi yang kita ingkari? Ngobrolin tentang Indonesia tentu gak selesai dalam satu malam.  Jadii…cintai negerimu Kawan

Untuk Indonesia dari pegunungan Jayawijaya

Comments

    1. Post
      Author
  1. Evi

    Gila banget Indonesia ini. Tempat-tempat indahnya tak terhitung. Sayang aja tempat-tempat eksotis itu kadang harus ditempuh dengan stamina paripurna, seperti Danau Kelimutu itu..Duh ..Sedih deh..

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *